Kamis, 22 Maret 2012

Tugas Sist. Inf. Geo

Quantum GIS Tethys (1.5.0)

Software GIS opens source yakni Quantum GIS Tethys (1.5.0) yang dikemas sederhana dan praktis, sehingga pengguna dapat mengembangkannya sendiri sesuai dengan kebutuhan. Quantum GIS merupakan salah satu software atau perangkat lunak SIG yang berbasis open source dan free (gratis) untuk keperluan pengolahan data geospasial. Quantum GIS adalah software SIG multi platform, namun dalam tulisan kali ini hanya akan dijelaskan penggunaan Quantum GIS pada platform Microsoft Windows.

Pemanfaatan software Quantum GIS ini dapat digunakan untuk input data SIG dan pengolahan data geospasial sebagai pilihan alternatif dari software SIG komersial seperti ArcView, ArcGIS atau MapInfo Professional.

Instalasi Quantum GIS

Quantum GIS yang digunakan ialah Quantum GIS Tethys (1.5.0).

1. Klik , kemudian akan muncul setup wizard

2. Klik Next, lalu pilih I Agree

3. Tentukan direktori instalasi lalu klik Next

4. Kemudian klik Instal,bisa juga sekaligus download data set apabila Anda terkoneksi dengan internet . Apabilan tidak menghendaki maka hilangkan centang, lalu klik Install.

5. Kemudian biarkan proses instalasi berlangsung

6. Apabila Anda pilih data set, maka pada tahp selanjuutnya akan muncul opsi setup dataset. Lalu klik OK.

7. Apabila sudah selesai dan instalasi telah lengkap maka akan muncul opsi Finish.

8. Setelah proses instalasi selesai, silahkan jalankan Quantum GIS dengan klik ganda pada ikon Quantum GIS di desktop atau dengan memilih Start à All Programs à Quantum GIS Tethys à Quantum GIS (1.5.0) seperti tampilan berikut.

Akan muncul tampilan proses startup Quantum GIS

9. Tampilan awal Qauntum GIS seharusnya muncul seperti gambar berikut.

Troubleshooting:

Quantum GIS memerlukan library Microsoft Visual C++ yang mungkin belum terpasang pada komputer kita. Jika Quantum GIS tidak bisa dijalankan setelah proses instalasi seperti di atas, kita harus memasang library Microsoft Visual C++ terlebih dahulu.

Pesan error yang mungkin muncul seperti di bawah ini:

Untuk mengatasi kegagalan instalasi tersebut, download dan kemudian install library

Microsoft Visual C++ dari situs-situs berikut (untuk platform Windows 32 bit):

Georeferencing di Quantum GIS

Untuk melakukan proses georeferencing data raster yang belum bereferensi kebumian atau memiliki koordinat geografis atau UTM menggunakan Plugins

Plugin ini dapat melakukan georeferencing untuk data raster dan mengatur system proyeksinya. Anda pilih titik-titik ikat pada data raster dan berilah koordinat bumi mereka, dan kemudian plugin akan menghitung parameter world file. Semakin banyak titik-titik ikat koordinat yang Anda berikan maka hasilnya akan semakin baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Free Angel ani Cursors at www.totallyfreecursors.com